Tips Berwisata Ke Gunung Bromo Bagi Pemula – SEWA MOBIL MALANG – TRAVEL MALANG – TRANSUPERINDO

Tips Berwisata Ke Gunung Bromo Bagi Pemula No ratings yet.

Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata yang ramai di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negri. Bromo memang menyimpan sejuta keindahan alam yang di ciptakan TUHAN. Jika anda kesini untuk pertama kali pasti anda akan terpesona akan keindahannya. Nah, untuk kali ini saya akan membagikan tips apa saja yang perlu di perhatikan atau di bawa bagi anda yang akan pergi ke gunung bromo, khususnya bagi para pemula. Langsung saja berikut tips dari saya.

wisata gunung bromo
wisata gunung bromo

3 Tips Berwisata ke Gunung Bromo Bagi Pemula / Untuk Pertama Kali

Selanjutnya akan ada sebanyak 3 tips atau lebih yang kami infokan tentang apa saja yang harus di lakukan jika akan ke gunung bromo serta barang bawaan yang harus dibawa

  1. Tentukan Pintu Masuk ke Gunung Bromo

Secara wilayah, tempat wisata gunung Bromo masuk wilayah kabupaten Probolinggo. Namun, ada pintu masuk di empat wilayah yang dapat digunakan untuk mencapai kawasan wisata gunung Bromo.

Pintu masuk tersebut adalah Cemorolawang untuk Probolinggo, Wonokitri/Tosari untuk Pasuruan, Tumpang / Ngadas untuk daerah Malang dan Senduro untuk wilayah Lumajang. Jadi, ada baiknya sebelum berkunjung ke Bromo tentukan terlebih dahulu pintu masuk mana yang akan digunakan.

Pertimbangkan jarak tempuh dan kondisi akses jalan yang akan dilalui, termasuk tujuan setelah berkunjung ke Bromo. Jangan sampai tidak bisa menikmati keindahan Bromo karena salah menentukan pintu masuk.

2. Tentukan Penginapan 

Gunung Bromo terkenal dengan keindahan sunrisenya. Jadi, berusahalah untuk menikmati sunrise jika berkunjung ke Bromo. Tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat sunrise adalah Penanjakan 1 dan Penanjakan 2 dengan waktu pengamatan sekitar pukul 04.30 – 05.00 WIB.

Namun perjalanan dari pintu masuk Cemorolawang bisa mencapai waktu satu jam. Oleh sebab itu, pastikan sebelum pukul 03.00 WIB sudah berada di pintu masuk Cemorolawang.

Untuk pengunjung yang berasal dari luar kota, sebaiknya gunakan jasa penginapan. Ada banyak penginapan yang tersedia dari wilayah kota Probolinggo hingga daerah Cemorolawang.

Lakukan pemesanan secara online sebab yang saya tahu penginapan di sekitar Bromo memiliki akun di beberapa aplikasi online seperti Booking.com, Traveloka, dan Pegi-pegi.

3. Peralatan Yang Harus di Bawa Ketika di Bromo

Kawasan Bromo merupakan kawasan dataran tinggi dengan suhu dingin. Bahkan suhunya bisa mencapai di bawah 10 derajat celcius. Oleh sebab itu, para wisatawan hendaknya mempersiapkan diri dengan perlengkapan maksimal.

Di sarankan untuk tidak membawa balita jika ingin pergi pagi – pagi ke gunung bromo. Jika memang keadaan memaksa untuk mengajak buah hati anda, pastikan buah hati anda memakai peralatan semakasimal mungkin agar dia tidak kedinginan. Peralatan tersebut antara lain :

Jaket yang direkomendasikan adalah jaket yang bisa menahan udara dingin dan bukan sekedar jaket fashion saja. selain itu bawalah beberapa kaos lengan panjang yang bisa anda pakai sebelum memakai jaket.

Karena setiap orang memiliki kekebalan yang berbeda, maka hal itu sangat di perlukan ketika berada di atas ketinggian.

Memakai kaos kaki juga sangat penting untuk memunjang kehangatan di bagian kaki.

Jangan pernah terbayang dipikiran anda untuk menggunakan sandal di tengah udara yang dingin. selain itu kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan licin.

Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih beguna dari pada sepatu sneakers karena selain kuat sepatu jenis ini akan melindungi kalian dari cedera.

Pakai sarung tangan yang tebal, mungkin jika dini hari anda bisa memakai sarung tangan dobel. Karena suhunya sangat dingin.

Syal berfungsi untuk melindungi leher anda dari dingin agar suhu tubuh tetap hangat

Selain untuk menghangatkan, masker juga berfungsi untuk melindungi pernapasan anda dari bau belerang dan juga debu.

Pakai kupluk/topi yang berfungsi untuk menghangatkan bukan yang hanya sekedar untuk fashion, tapi pilihlah topi yang benar – benar menghangatkan.

Ini berfungsi jika anda mengalami masuk angin karena kedinginan, sediakan obat untuk pertolongan pertama

Nah.. yang terakhir ini selain buat gaya, bisa juga untuk melindungi mata dari debu. biasanya sih yang pakai ini para wanita. hehe…. asyik ya bisa bergaya dan tentunya di latar belakangi keindahan pesona obyek wisata bromo ini.

Oh iya, selain barang-barang tersebut pastikan juga anda membawa kamera untuk mengabadikan momen di gunung bromo yang indah. Sebelum berangkat sebaiknya benda-benda itu dipastikan masuk dalam ransel atau tas anda.

Nah bagaimana jika barang-barang tersebut ketinggalan atau lupa tidak membawanya ? Tenang sobat, di sana ada tempat penyewaan jaket, mungkin di banderol dengan harga 10 – 20 ribu. Selain jaket juga ada warga setempat yang berjualan kaos tangan, syal, kupluk dan yang lainnya. 
Itulah beberapa tips dari saya untuk berwisata ke gunung bromo bagi para pemula. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Please rate this

Artikel Terkait
video

Tags: , , , , , , ,