Cara daftar dan cek bantuan blt BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan di 2022

4 Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online Agar Bisa Terima BLT 600 Ribu

Jika dulu ada asumsi bahwa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya buang-buang uang, sekarang Anda bisa membantahnya karena pemerintah sudah sepakat akan memberikan bantuan BLT sebesar 600 ribu kepada pekerja swasta yang terdaftar dalam asuransi pemerintah ini. Bantuan BPJS tersebut akan diberikan kepada karyawan yang memiliki upah di bawah 5 juta setiap bulannya, dimana pencairannya dibagi dalam 4 termin. 

Satu hal yang perlu diingat adalah syarat mutlak untuk berkesempatan mendapatkan BLT BPJS adalah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan yang rutin membayar iuran bulanannya. Nah, bagi Anda yang belum tercatat sebagai pemegang kartu BPJS ini, ada baiknya segera mendaftarkan diri. Kabar baiknya, cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online dapat dilakukan dengan lebih mudah karena berbasis internet. Berikut ini adalah 4 langkah yang harus dilakukan untuk daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online

Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online #1

Kalau Anda ingin cek bantuan BPJS kesehatan, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, bantuan sosial tunai BPJS kesehatan ini hanya akan diberikan kepada para peserta asuransi yang aktif dalam artian membayar iuran secara rutin setiap bulannya. 

Nah, sebagai langkah awal, Anda bisa mengakses laman resmi BPJS di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ melalui ponsel maupun desktop. Setelah masuk ke laman tersebut, Anda bisa berhenti sebentar untuk memastikan terlebih dahulu apakah Anda ingin mendaftar dengan opsi perusahaan, individu atau pekerjaan migran. 

Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online #2

Bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2022 akan memasuki pencairan termin ke 2 sehingga ada baiknya Anda segera melengkapi pendaftarannya agar setidaknya, di periode mendatang kesempatan mendapatkan bantuan BLT terbuka lebih lebar. Setelah berhasil masuk ke laman BPJS, Anda akan diberikan opsi ingin mendaftar sebagai perusahaan, individu atau pekerjaan migran. 

Jika Anda merupakan pegawai atau karyawan swasta, maka sebaiknya memilih opsi Perusahaan sebab biasanya pihak perusahaan tempat Anda bekerja akan membantu pemrosesan pendaftaran dengan menyediakan data yang dibutuhkan oleh BPJS untuk mengeluarkan kartu. Hal ini penting dilakukan mengingat cara cek bantuan BPJS Kesehatan 2022 akan membutuhkan nomor peserta yang tercetak pada kartu. 

Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online #3

Anda telah memilih menu pendaftaran Perusahaan. Selanjutnya, masukkan alamat email perusahaan atau perwakilan kelompok untuk mendaftar. Jika sudah sampai pada tahap ini, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang dikirimkan melalui email. Jangan khawatir salah langkah karena petunjuk yang kurang lengkap atau jelas sebab Anda bisa menghubungi layanan CS BPJS kapanpun membutuhkan bantuan. 

Pun seandainya ada sedikit kendala ketika melakukan pendaftaran ini, janganlah patah arang. Ingat bahwa bantuan BPJS Kesehatan 2022 dapat menjadi penyegar finansial di masa pandemi seperti sekarang jadi ikuti saja semua proses dan langkahnya dengan sabar dan cermat. 

Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online #4

Akhirnya setelah mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh sistem BPJS, Anda siap dengan segala berkas sebagai bagian terakhir pendaftaran asuransi BPJS. Setelah semua berkas utama dan pendukung siap, Anda hanya perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan wilayah setempat untuk menyerahkannya. 

Mengingat biasanya pengunjung kantor BPJS selalu membludak, ada baiknya jika Anda datang lebih awal dan meluangkan waktu satu hari untuk bisa mengurus segala sesuatunya yang berkaitan dengan pendaftaran peserta ini. Meskipun mungkin Anda harus rela menunggu antrean, hasil yang didapatkan tidak akan mengecewakan karena Anda jadi bisa melakukan cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan seperti karyawan swasta lainnya yang sudah mendapatkan bantuan. 

Bantuan BLT BPJS sebesar 600 ribu ini diharapkan bisa meringankan kebutuhan karyawan swasta dengan level penghasilan menengah ke bawah di tahun 2022. Untuk dapat merasakan manfaatnya, jangan tunda melakukan pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan baik secara mandiri maupun dengan bantuan perusahaan mengingat pada umumnya, tempat kerja memiliki bagian pengurusan BPJS tersendiri yang menjadi penyalur data karyawan ke kantor BPJS setempat. Semoga kali ini Anda beruntung dan mendapatkan BLT BPJS, ya.