Daftar online BPJS ketenagakerjaan lengkap dengan tahap pencarian blt BPJS 600 ribu di 2022

Cek Sso Bpjsketenagakerjaan Go Id Dapat BLT Rp 600 Ribu, Sudah Tahu Belum?

Tahun 2020 lalu pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan memberikan bantuan langsung tunai sebesar 600 ribu untuk para pegawai swasta dengan gaji kurang dari 5 juta per bulan. Data penerima bantuan ini didapatkan dari daftar peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar. Tahun ini, dikabarkan pemerintah akan melakukan pencairan kembali walaupun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan. 

Namun, jika Anda merupakan pegawai swasta dengan ketentuan gaji di atas, tidak ada salahnya cek sso bpjsketenagakerjaan go id dapat BLT 600 ribu karena siapa tahu ternyata Anda beruntung dan mendapatkannya. Bantuan melalui lapak asik BPJS Ketenagakerjaan tersebut diberikan dengan tujuan supaya masyarakat yang bekerja di sektor swasta dengan pendapatan di bawah 5 juta bisa memiliki daya beli yang lebih baik sehingga resesi ekonomi dapat terhindarkan. Kalau penasaran ingin coba-coba memeriksa daftar nama penerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa melakukannya dengan 3 cara berikut.

  • Cek Bantuan Sso Bpjsketenagakerjaan Go Id Dapat BLT Rp 600 Ribu Lewat Aplikasi

Zaman yang serba digital memudahkan banyak aspek dalam kehidupan, salah satunya adalah ketika Anda ingin daftar BPJS Ketenagakerjaan. Nah, setelah melakukan daftar online BPJS Ketenagakerjaan, tentunya Anda akan mendapatkan nomor peserta yang bisa digunakan untuk melihat apakah Anda menjadi salah satu penerima bantuan BLT tersebut. Agar lebih mudah, Anda dapat melakukan pengecekan dengan mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile terlebih dahulu. Setelah aplikasi terpasang, lakukan registrasi untuk mendapatkan PIN, dengan cara memasukkan nomor KPJ yang tercetak di kartu BPJS Ketenagakerjaan, NIK e-KTP, tanggal lahir dan nam

a lengkap sesuai KTP. Begitu akun terdaftar dan masuk ke dalam aplikasi, Anda dapat melihat status kepesertaan BPJamsostek. Pilih menu Kartu Digital dan di bagian bawah tampilan kartu digital BPJS, akan ada informasi status kepesertaan BPJS TK aktif atau tidak. Jika statusnya aktif, artinya Anda sangat berpotensi menjadi penerima bantuan BLT BPJS dimana saldo bantuan bisa dicek secara berkala.

  • Cek Bantuan Sso Bpjsketenagakerjaan Go Id Dapat BLT Rp 600 Ribu Lewat Website

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mengecek status serta saldo bantuan BPJS melalui website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran akun. Setelah mengakses alamat laman BPJS tersebut, pilih menu Registrasi, kemudian isi formulir sesuai dengan data valid yang diminya. Masukkan nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir NIK, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan email. 

Jika input data ini berhasil Anda akan mendapatkan PIN yang dikirimkan melalui email ataupun SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan. Jika sudah terdaftar, Anda bisa mengecek saldo JHT dan status kepesertaan BPJS dengan mengakses laman kembali sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, masukkan alamat email dan kata sandi, lalu pilih menu Layanan. Selanjutnya, klik menu Kartu Digital dan klik tampilan kartu pada layar yang di bagian bawahnya menunjukkan status kepesertaan. 

  • Cek Bantuan Sso Bpjsketenagakerjaan Go Id Dapat BLT Rp 600 Ribu Lewat SMS

Tahap pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan dalam setahun biasanya dilakukan sebanyak empat kali. Mumpung masih dalam catur wulan pertama, Anda bisa melakukan cek status BPJS Ketenagakerjaan BLT dengan cara ketiga yaitu lewat SMS. Kelebihan cara ini adalah Anda tidak harus terhubung dengan koneksi internet. Selama memiliki pulsa reguler, Anda dapat mengakses layanan tersebut meski tidak mengunjungi sso BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek bantuan BPJS lewat SMS cukup sederhana. Melalui ponsel Anda, klik menu Pesan/ SMS, lalu ketik Daftar(spasi)SALDO#NO KTP#TANGGAL LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO PESERTA#EMAIL (jika ada).

Kirimkan format SMS yang telah diisi ke nomor 2757. Setelah pesan terkirim dalam beberapa menit Anda akan menerima balasan yang berisi ucapan terima kasih dan nomor ID melalui SMS. Setelah mendapatkan ID, balas pesan tersebut dengan mengirim pesan menggunakan format SALDO(spasi)NO PESERTA dan kirim ke 2757 untuk melakukan pengecekan saldo JHT. Tunggu hingga Anda mendapatkan balasan yang berisi saldo JHT terkini.

Mudah sekali kok, melakukan pengecekan status kepesertaan dan juga saldo JHT yang menjadi bukti bahwa Anda adalah penerima bantuan BLT BPJS. Jika belum ada update, Anda bisa melakukan pengecekan ulang secara berkala karena biasanya penerima bantuan diberikan waktu tenggat yang terbatas untuk mengambil dana tersebut.